Senin, 25 Februari 2013

ARTI MOTIP DALAM SELEMBAR KAIN BATIK

BEBERAPA ARTI MOTIP BATIK:

1.LERENG: Motip lereng memiliki bentuk atau pola dasar garis-garis miring yang sejajar.Menggambarkan keris yg melambangkan atau siap perang.

2.KAWUNG: Motip kawung terjadi dari bentuk lingkaran yg saling berpotongan berjajar kekiri atau kekanan dan kebawah atau keatas.Motip ini memiliki arti simbolis agar kita giat bekerja dan tidak bermalas-malasan dan juga dipakai sebagai simbol ketabahan.

3.TUMPAL: Motip ini sering muncul pada sarung yg memiliki arti beragam.Tumpal sering diletakkan dibagian depan sarung,biasanya berbtk segitiga yg berbeda motip motip sekitarnya.Biasanya berbentuk pola berderet-deret,seperti gigi buaya/segitiga berjejer.Motip ini terpengaruh dari budaya cina banyak dijumpai pada batik pesisir..Sering diartikan sebagai tolak bala.

4.BINATANG: Bngsa burung atau unggas mengandung perlambangan dunia atas,roh dan para dewa.Binatang air dan melata mewakili dunia bawah,gelap,bumi dan kesuburan.

5.GARUDA:Disebut juga Grudha/Gurdha,dilambangkan dengan sayap/lar,sering disebut motip lar-laran.
Dua sayap setangkup,dan kedua sayap ditambah ekor ditengahnya atau dibagian dada,disebut sawat.motip ini berarti kesuburan.

6.PHOENIX:Motip burung phoenix banyak muncul dibatik pesisir sebagai pengaruh dari cina.misalnya pada batik cirebon,lasem,pekalongan.

7.BUNGA:Misalnya,truntum,cempaka,sekar kenanga,sekar jeruk,sekar randu,yg umumnya berpola geometris dan merupakan kelompok ragam hias nitik dan ceplok.

Batik tidak hanya mengandung arti tapi juga menggambarkan lingkungan dimana batik itu dibuat.

Sumber:Batik How to wear by Reni kusumawardhani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar